Conficker

Conficker





Definition



Conficker adalah salah satu jenis virus yang menyebar lewat USB flashdrive. Komputer yg sudah terinfeksi akan membuat file berekstensi *.vmx ke dalam USB yang tersambung dengannya. Membuat file berekstensi *.vmx dalam USB memang sangat mencurigakan sehingga untuk membuatnya tidak terlalu mencolok ia menyembunyikan files virus tersebut dalam folder recycler yang ia buat sendiri di USB itu juga. File induk tersebut tentu saja tidak dapat jalan dengan sendirinya karena ia bukanlah file executable. Oleh karena itu, ia membuat file autorun.inf untuk menjalankan dirinya. Sebagai sentuhan terakhir, ia menambahkan attribute system hidden pada file-file dan folder tersebut untuk membuat calon mangsanya ragu-ragu untuk menghapusnya.



Virus ini sebenarnya tidak terlalu merugikan karena hanya menyerang system view hidden files sehingga pengguna komputer tidak bisa menampilkan file-file yang telah di hiddennya, tapi tetap saja yang namanya virus akan membuat perasaan pemakainya menjadi risih, dan mungkin orang-orang akan menghindari kontak dengan komputer yang terinfeksi sehingga komputer pemakai akan menjadi terasingkan.



ciri-ciri USB yang membawa/terinfeksi virus ini yaitu icon removable disk yang biasanya bergambar seperti disk drive di ubah menjadi icon folder.





Pembersihan



sejauh ini, apabila komputer sudah terinfeksi maka tidak ada cara untuk mengobatinya selain memformat drive C nya






pencegahan


beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar komputer tidak tertular virus ini adalah:


1. Sebelum anda memasukkan USB ke dalam komputer anda, matikan terlebih dahulu fitur autorun


2. Jangan pernah melakukan double klik pada icon removable disk anda


3. Aktifkan autorun eater untuk menscan autorun.inf di dalam flashdrive


4. Selalu update antivirus anda





download



Autorun Eater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar berupa kritik, saran, soal matematika, dan lain-lain sesuai selera anda.